@edgarhamas

Kehidupan Rasulullah ﷺ adalah 63 tahun. Seluruh hidup beliau menjadi inspirasi berabad-abad. Lakunya, kata-katanya, sifat dan akhlaqnya, bahkan diamnya; jadi sumber hukum untuk ratusan generasi muslimin hingga saat ini. Namun, jika dirunut, kehidupan beliau nan fenomenal ini bermula dari momen-momen singkat yang mengubah arah sejarah.

Diangkatnya beliau ﷺ menjadi Rasul, detik-detik Isra dan Miraj, saat-saat berhijrah ke Madinah, pertempuran Badar yang legendaris, menit akhir menuju perjanjian Hudaibiyah; yang barangkali detik-detik itu, walaupun singkat, namun mengubah segalanya.

Maka, salah satu pelajaran yang saya amat kagumi dari Rasulullah ﷺ adalah: beliau tidak meremehkan satupun kesempatan untuk meraih momentum. Setiap kali ada satu peristiwa, sesingkat apapun, pasti ada saja hasil yang memuaskan; yang orientasinya adalah kemenangan dakwah. Beliau adalah manusia utusan Allah. Namun, beliau ajarkan pada kita, bahwa usaha manusiawi sangatlah perlu diikhtiarkan agar datang pertolongan Allah.

Sebab begitulah sunnatullah bekerja. Ada sebab, maka ada akibat. Namun khusus untuk umat Islam, mereka baru melakukan sebagian sebab saja, namun secara dramatik, hasilnya sudah bisa dipetik. Itulah yang dinamakan Taufiq.

Sejak saya memahami kaidah ini, saya percaya; bahwa waktu dan kesempatan yang Allah anugerahkan itu mahal harganya. Menyia-nyiakannya adalah kerugian sangat besar. Jangan pernah meremehkan satupun kesempatan, karena dia tak datang dua kali. Barangkali, itulah momentum kita. Di detik-detik singkat yang sayangnya kita sering abaikan.

Saran saya, jika ada kesempatan untuk berbuat baik, lakukan, jangan bilang nanti. Siapa tahu hidupmu berubah dengannya. Jika ada kesempatan bertemu orang-orang, jangan malas. Siapa tahu, lewat orang-orang yang kita temuilah gerbang menuju momentum yang tak pernah kamu sangka. Seringkali begitu, kan?

Ya, bisa jadi, hidup kita memang panjang. Namun percayalah, jika episode penting dalam hidup kita dikumpulkan jadi satu waktu: mungkin akan kurang dari 60 menit.

“If you added up all the really significant episodes in your life they’d probably come to less than sixty minutes.”